Beli Mobil Online? Emang Bisa?

seva.id

Di masa saya kuliah pada tahun 1990-an, bila ingin membeli atau menjual mobil, sarana paling bagus adalah melihat  iklan baris di koran. Kalau tukang koran datang di pagi hari, halaman yang pertama dibuka adalah iklan baris. Lalu kita membacanya sederet demi sederet mencari mobil sesuai kebutuhan kita. Cara lain adalah melalui papan-papan pengumuman di kampus, di kantor, maupun di tempat-tempat umum lainnya. Biasanya dulu kita ke papan pengumuman kampus untuk mencari info, siapa tau ada mobil yang dijual sesuai kondisi kantong kita.

Jaman berubah dengan pesat. Era iklan baris sudah jauh berlalu. Saat saya ingin menjual dan membeli mobil (jual mobil lama dan beli mobil baru), tidak perlu lagi repot memasang atau membaca iklan baris. Awalnya saya memang ingin memasang iklan di koran seperti jaman dulu. Namun kawan-kawan mengingatkan. “Zaman now begini, kok jual beli mobil masih pakai iklan koran”. Zaman now kini jual beli mobil sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah, melalui berbagai platorm online ataupun website yang menawarkan kemudahan. Kita bisa mencari mobil atau menjual mobil cukup dari komputer ataupun smartphone kita, bahkan bisa dilakukan sambil santai tidur-tiduran.

Inilah jaman online, jaman digital.

Tapi. Nah, ini yang kita harus waspada. Jaman sekarang ini, meskipun semua serba digital, semua serba online, kita tetap harus hati-hati. Kerapkali terlihat bagus di online tapi tidak disertai dengan offline yang kredibel. Saat kita melihat di onlinenya bagus, begitu melihat aslinya jelek. Jelas tertipu kan. Kan ada tuh yang perempuan terlihat begitu cantik, atau pria begitu ganteng, di layar medsos mereka. Eeeeeh pas ketemu, kok tidak sesuai aslinya hehehe…..

Membeli mobil demikian juga. Banyak platform yang menawarkan jasa jual beli mobil. Tapi kita tetap harus hati hati. Jangan sampai, pas diliat di online bagus dan menjanjikan, ketika dibeli dan digunakan beberapa saat barulah ketahuan kalau itu mobil rongsokan. Apeeees deh kita.

Nah, saya diperkenalkan pada satu situs yang layak dicoba nih. Nama situsnya seva.id (https://www.seva.id). Ini situs yang menyediakan pilihan beragam mobil, multi dari city car, mobil niaga, keluarga, hingga sport. Bukan hanya mobil baru, tapi juga mobil bekas tersedia di laman seva.id ini. Awalnya saya ragu, tapi akhirnya saya coba juga untuk browsing dan mencari mobil idaman. Dan ternyata benar juga. Di Seva.id ini kita bisa melakukan pemesanan kendaraan, tukar tambah kendaraan lama, melakukan permohonan test drive, menghitung cicilan bulanan dengan kalkulator kredit, melakukan penjadwalan servis kendaraan, mencari dealer terdekat, menemukan lokasi parkir terdekat. Saya juga mencermati bahwa platform ini menjalin kerjasama dengan dealer-dealer otomotif, serta perusahaan pembiayaan kendaraan dan asuransi kendaraan yang dapat langsung menjangkau kita.

Ada dua hal menarik dari seva.id yang perlu kalian coba. Pertama, adanya menu PILIHAN EXPERT. Hal ini membuat kita tenang karena mobil yang dijual adalah mobil bekas yang telah diinspeksi terlebih dahulu oleh inspektor yang sudah berpengalaman. Umumnya kita selalu ragu kalau membeli mobil bekas karena takut ditipu kan. Nah dengan adanya PILIHAN EXPERT ini kita tak perlu khawatir lagi. Kriteria umumnya saja sudah jelas, mobil dalam kendisi real baik interior maupun eksterior, tidak pernah mengalami tabrakan atau terendam banjir, warna masih orisinal asli pabrik, kondisi mesin bank, dokumen atau surat-surat lengkap. Adanya menu PILIHAN EXPERT ini tak banyak ditemukan di platform lain. Menurut saya inilah salah satu hal yang membedakan dari esva.id. Tentunya expert yang melakukan penilaian atas kendaraan bukanlah sembarang orang. Mereka adalah expert pilihan Seva (http://bit.ly/2Ls3zjt) yang memiliki pengalaman dan pengetahuan teknis untuk memberi advis dan penilaian atas mobil yang dijual.

Kedua, adanya menu STOCK CLEARANCE. Nah ini menarik karena kadang ada mobil-mobil baru dengan tahun pembuatan 2017-2018. Mobilnyapun dijamin bukan mobil bekas ( https://bit.ly/2OkpuXy ) melainkan mobil baru yang merupakan stock tahun lalu.  Keuntungan pastinya kalian akan mendapatkan diskon Rp 50 juta. Unit untuk program ini tersebar di beberapa cabang Auto2000 yang akan dikonfimasi oleh salesman yang akan menghubungi setelah kita melakukan pemesanan di Seva.id.

Selain itu, ada satu lagi program yang menarik, yaitu One Day Delivery. Hah, serius itu? Iya itu yang mereka janjikan. Fitur ODD itu memungkinkan kendaraan baru dikirim hanya dalam waktu satu hari sejak pembelian dilakukan. Ini yang luar biasa, karena biasanya kalau kita membeli dari showroom, umumnya dikirim 5-6 hari kerja paling cepat, tergantung ketersediaan mobilnya. Namun di Seva.id ini, mobil bisa dikirim dalam sehari. Cakep bukan?

Adanya platform seperti Seva.id ini adalah sebuah inovasi digital dalam penjualan karena menyediakan marketplace secara digital dengan basis offline keberadaan mobil atau produk yang berkualitas.

Dua faktor tersebut merupakan kombinasi dalam marketing di dunia digital dewasa ini. Kita telah merasakan bagaimana kehidupan kita, mulai dari mencari makan, berbelanja, membersihkan rumah, salon, dan berbagai urusan personal lainnya dilakukan melalui platform digital. Di bidang keuangan juga demikian, kita telah merasakan digital banking  hingga cara pembayaranmelalui uang elektronik dengan berbagai sarananya seperti QR Code, ataupun dompet elektronik. Bukan hanya itu saja karena kini, kita bisa juga melakukan jual beli mobil melalui platform digital seperti Seva.id. Teknologi membawa kenyamanan.

Platform digital yang mobile ini juga memiliki fasilitas ride sharing yang bernama Sejalan. Lalu ada juga aplikasi CariParkir untuk kemudahan mendapatkan parkir kendaraan dengan aman dan nyaman. Setelah saya selidiki lebih jauh lagi ke dalam platform Seva.id ini, ternyata memang ia berada di bawah Astra dan terintegrasi dengan jaringan dealer Astra yang terpercaya serta terjamin mutu dan kualitasnya. Itu keuntungannya, meskipun kalau dilihat pilihan mobilnya menjadi terbatas dibandingkan platform lain yang mencakup aneka jenis mobil keluaran berbagai pabrikan dan dealer. Namun tentunya, keamanan dan kenyamanan menjadi satu prioritas dalam membeli mobil. Meski pilihannya tidak banyak, namun bila lebih aman dan nyaman, saya akan cenderung memilihnya.

Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *