“Kore Kara Indonesia” di Jepang

Publikasi "Kore Kara Indonesia" yang diterbitkan dalam bahasa Jepang

Siang tadi (2/2), saya bertemu dengan Irimura-san dari Kokusai Management. Ia menyampaikan sebuah publikasi yang khusus menulis tentang Indonesia. Temanya “Kore Kara Indonesia” atau bisa juga diartikan dengan “Masa Depan Indonesia”. Buku tersebut memuat informasi mengenai Indonesia, baik dari sisi kekayaan alam, kestabilan politik, termasuk perekonomian Indonesia. Beberapa bulan sebelumnya, mereka juga  datang ke kantor kami untuk mendapatkan informasi-informasi mengenai ekonomi Indonesia dan pandangan kami tentang kehidupan di Jepang. Hasil wawancara itu diterbitkan pula dalam buku ini. 

Publikasi “Kore Kara Indonesia” ini menjadi penting bagi negeri kita, karena saat ini animo para investor di Jepang pada ekonomi Indonesia semakin meningkat. Dinaikkannya peringkat rating Indonesia menjadi investment grade oleh lembaga pemeringkat Moody’s beberapa waktu lalu, menjadi salah satu faktor meningkatnya selera para investor. Di sisi lain, perekonomian global masih dalam tren yang melemah, sementara perekonomian China menunjukkan perlambatan. Berbagai hal itu menjadikan para investor tidak memiliki pilihan banyak lagi dalam menanamkan investasinya.

Indonesia, saat ini menjadi negara favorit dan buah bibir banyak pelaku pasar. Populasi yang besar, kekayaan alam yang melimpah, politik dan ekonomi yang stabil, menjadi beberapa alasan untuk terus optimis pada masa depan Indonesia. Kiranya hal ini perlu ditangkap oleh para pengambil kebijakan di dalam negeri dengan terus menerus menyediakan lingkungan yang kondusif bagi para investor. Di sisi lain, masyarakat Indonesia juga perlu terus menerus menyiapkan diri menjadi bagian dari sebuah negara besar. Sifat optimis dan tidak mudah mengeluh perlu dijaga dan terus dikembangkan.

Publikasi “Kore Kara Indonesia” akan didistribusikan ke para pelaku pasar dan investor di Jepang. Publikasi mengenai Indonesia dalam bahasa Jepang, khususnya menyangkut data perekonomian, memang dirasakan masih kurang. Banyak investor Jepang yang masih kesulitan mencari tahu informasi mengenai ekonomi Indonesia. Oleh karenanya, kerjasama dengan berbagai lembaga di Jepang, untuk menterjemahkan berbagai informasi yang ada ke dalam bahasa Jepang, menjadi sangat penting. Hal itu juga yang kami lakukan, bekerjasama dengan berbagai pihak.

Salam 

Salam

One thought on ““Kore Kara Indonesia” di Jepang

  1. I have been visiting varouis blogs for my term papers writing research. I have found your blog to be quite useful. Keep updating your blog with valuable information… Regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>