Tak Semua Pecel Diciptakan Sama

Nasi Pecel Hj Boeyatin Ketabang Kali Surabaya / photo junanto

Kalau dilihat sekilas, tak ada yang istimewa pada pecel ponorogo Hj. Boeyatin. Warung kecil di pinggir Kali Mas Surabaya itu, menyajikan nasi pecel berupa aneka sayuran yang ditaburi bumbu kacang di atasnya. Tak beda dengan pecel-pecel yang lain kan. Tapi mengapa warung pecel ini begitu ramai dan terkenal?

Karena penasaran, saya-pun mampir mencicipi Pecel Ponorogo di jalan Ketabang 51 Surabaya itu. Saat mencicipi sepiring nasi pecel, saya langsung bisa membedakan. Semua pecel itu mirip, sayuran seperti bayam, pare, taoge, kacang panjang, dan bunga turi, dicampur dan diberi bumbu. Tapi bumbu pecel itulah yang membedakan. Bumbu pecel di Boeyatin ini sangat istimewa. Rasa kacangnya berbeda.

Kabarnya, Boeyatin menggunakan kacang khusus dari Tuban. Istimewa memang rasanya karena lebih renyah dan gurih. Dipadu padan dengan bumbu seperti gula, garam, cabai, kencur, dan jeruk purut, rasanya mewah dan membuat lidah menari-nari. Ada dua pilihan, pedas atau tidak. Biasanya kita akan ditanya, ingin rasa yang mana. Kalau doyan pedas, saya sarankan memilih yang pedas. Lezat.

Bumbu kacang pecel Boeyatin ini juga tampaknya digiling secara manual. Hal ini menjadikan butir-butir kacangnya masih terasa. Ini dia yang membuat enak.

Keunikan lain dari pecel Boeyatin adalah aneka jajanan yang bebas kita pilih. Boeyatin meletakkan nasi, bumbu, sayuran, dan lauk-pauk, seperti ayam goreng, empal, otak, tahu dan tempe bacem, perkedel, serta tahu dan tempe goreng, di atas meja. Lauk itu masih ditambah sate ayam dan kerang.

Setelah menerima nasi pecel di piring, saya bebas mengambil lauk yang diinginkan. Bahkan, boleh minta tambah nasi, sayuran, atau bumbu. Penyajian seperti ini membuat warung Boeyatin seperti “rumah”.

Warung yang sudah berdiri puluhan tahun ini memang semacam ikon bagi Surabaya. Pelanggannya mulai dari pejabat hingga artis, termasuk pelanggan yag turun temurun. Oleh karenanya, kalau mampir ke Surabaya, makan nasi pecel Boeyatin, adalah sesuatu yang “must try”.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *